Ox Gaming

Apakah Bermain Game Meningkatkan Kecerdasan?

Game Meningkatkan Kecerdasan

Apakah bermain game dapat meningkatkan kecerdasan? Bisa iya bisa tidak, kenapa? Sebab kecenderungan aktivitas yang dilakukan tergantung dari pola yang digunakan. Maknanya tergantung dari porsi yang dilakukan apakah sewajarnya atau tidak. Misalkan contoh dilakukan secara berlebihan, maka dampaknya bisa terjadi pada berbagai hal negatif. Begitu juga kalau bermain game dilakukan dengan sewajarnya, maka besar kemungkinan bisa meningkatkan kecerdasan.

Dalam konteks ini tentu masih ada yang bertanya-tanya, bagaimana pasti dari jawabannya. Sudah adakah kajian yang mencoba meneliti dari kegiatan ini. Dilansir dari Business Insider, menyebutkan kalau hasil penelitian baru-baru ini mengabarkan kalau ada peningkatan volume otak yang ditimbulkan dari bermain game.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan kecerdasan kognitif pada otak yang dihasilkan dari bermain game. Dengan begitu sudah ada pengakuan ilmiah yang menyebutkan kalau bermain game mampu membuat otak lebih cerdas. Nah untuk mengetahui lebih spesifik seperti apa kecerdasan yang mampu dihasilkan dari bermain game. Maka diantaranya seperti berikut ini.

apakah bermain game meningkatkan kecerdasan?

Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas bahwa bermain game memang dapat meningkatkan kecerdasan. Tapi dengan syarat tidak terlalu over, ada batas penggunaan, serta perlu pengawasan orang tua. Alasan dari persyaratan tersebut sebab kalau persyaratan tersebut dilanggar maka konteks nya adalah kecanduan. Dan ini berakibat buruk bagi kesehatan dan mental seseorang. Nah dalam hal ini anda perlu membiasakan diri untuk bermain game secukupnya dan sekedar hiburan di kala penatnya kehidupan. Dengan menghibur diri dengan bermain game maka otak akan melakukan penyegaran pemikiran. Secara otomatis otak jadi segar dan efeknya bisa baik untuk tubuh.

Penyataan tersebut tidak hanya karangan semata, memang itu fakta. Sebab sudah banyak penelitian yang mengungkapkan seperti apa pengaruh game terhadap diri seseorang. Salah satu contoh hasil penelitian yang diterbitkan oleh Frontiers in Human Neuroscience, dengan hasil penelitian dari  Marc Palaus dan rekan-rekannya. Di sana mengungkapkan bahwa hasil dari 116 studi ilmiah tentang dampak bermain game, 22 hasil penelitian tersebut memperlihatkan adanya perubahan struktural di otak dan 100 lainnya mengalami perubahan pada fungsi otak dan perilaku.

Dengan hasil ini penelitian menujukan kalau bermain game dapat berdampak bagi otak, baik segi kerja maupun struktur. Bermain game mampu memengaruhi perhatian serta membuat kinerja dari otak bisa lebih efisien dari sebelumnya. Kenapa bisa begitu? Sebab di saat kita bermain game terdapat area otak yang terangsang untuk bekerja dan terlibat dalam permainan. Dari hal ini area tersebut mengalami peningkatan menjadi lebih fokus, sebab mampu memusatkan perhatian pada segala situasi. Bahkan nilai tingkat efisiensi pada otak menjadi meningkat dengan kemampuan visuospasial yang lebih baik.

Dan selain itu, masih ada penelitian lain yang juga mengungkapkan bagaimana pengaruh game terhadap otak. Demikian seperti penelitian yang dilakukan Marc Palaus, dengan sumber media Business Insider. Dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh Nature mengatakan kalau terdapat juga peningkatan volume otak di saat bermain game. Hasil ini merupakan hasil dari penelitian Universitas Sains dan Teknologi Elektronik China breast Universitas Macquarie Australia. Dalam proses penelitian yang dilakukan, para peneliti menfokuskan untuk mencari tahu kebenaran pada korteks insular, khususnya di korteks serebral. Hingga menghasilkan perkiraan kalau sebagian besar ada proses linguistik terjadi di area otak, dan bagian lainnya menghasilkan rasa perasaan seperti kasih sayang, empati dan lainnya.

Dan melengkapi dari hasil penelitian tersebut, bermain game yang dapat memengaruhi kinerja dan fungsi otak memang benar adanya. Sama halnya dengan membaca, dimana kita tau porsi baik dalam membaca maka bagus juga dampaknya. Demikian juga dengan bermain game, jika anda tahu seperti apa baiknya bermain game maka dampak yang dihasilkan juga bisa baik. Contohnya disaat kita memainkan game aksi, maka akan ada berbagai peningkatan pada kemampuan anda. Anda akan menjadi seseorang yang mengetahui dan mempunyai pengamatan yang sangat detail. Sebab dengan bermain game aksi akan timbul pengaruh kepada otak dengan menjadikan mereka lebih efisien.

Dengan catatan tau batasnya loh ya, sebab kalau tidak kecenderungan kecanduan akan terjadi pada diri anda. Dimana kecenderungan ini bernama Dopamine, bagi yang belum tahu ini adalah zat alami di dalam otak yang fungsinya sebagai sinyal apabila kita melakukan aktivitas menyenangkan.

Dengan begitu pasti anda sudah paham maksud dari Dopamine. Ya, tidak salah lagi, ini merupakan suatu senyawa yang menjadikan seseorang itu kecanduan setelah merasakan betapa menyenangkannya bermain game. Dengan begitu seseorang yang sudah kecanduan akan terus bermain hingga over dan akibatnya bisa buruk. Hingga akhirnya, ini juga berdampak pada bagian otak. Di mana otak akan lelah dan terjatuh sebab mereka membutuhkan istirahat. Dengan demikian, kita perlu untuk memperistirahatkan otak supaya tidak berakibat buruk, dan jangan lupa untuk bermain game secukupnya.

Exit mobile version