Ox Gaming

Bagaimana Cara Membuat Game

game mobile hape

Kita semua tahu kalau membuat game itu tidak mudah seperti kita membayangkan. Ada berbagai pengetahuan tentang game itu sendiri dan pengetahuan lain yang perlu anda ketahui. Berbagai orang yang paham terhadap proses pembuatan pasti tahu bagaimana ribet dan sulitnya membuat satu game. Sekalipun game tersebut adalah permainan yang sangat sederhana.

Memang hal itu benar adanya, tapi dibalik itu semua tidak ada yang tidak pasti kalau kita tahu seperti apa caranya. Nah untuk itu jika kalian penasaran terhadap prosesnya, maka langsung saja kita ketahui bersama bagaimana cara membuat game seperti berikut ini.

Menentukan Ide dan Genre Game

Sebagai seorang pengembang, ide sangat penting untuk dipikirkan sebab ini akan menjadi cika bakal seperti apa game itu dibuat. Developer akan menentukan berbagai ide dengan menujukan permainan yang disesuaikan dengan aliran. Inti sebelum membuat game adalah merancang game tersebut mau dijadikan apa dan bagaimana bentuk permainannya dan buat siapa, apakah game untuk orang tua. Disini seorang developer akan melakukan riset terhadap game tersebut, bahkan dengan beberapa orang yang memainkannya.

Menentukan ide dan riset sangat diperlukan, sebab dengan begitu seorang developer jadi tahu apa yang menjadikan mereka mau memainkan game tersebut. Dan selain itu hasil dari riset juga dapat menjadikan celah supaya game yang dibuat laris dimainkan.

Nah jika anda tertarik untuk menjadi salah satu developer handal maka riset adalah tahap awal yang anda butuhkan. Tidak perlu meniru game yang basisnya perusahaan, anda dapat membuat game sederhana dengan opsi permainan berbeda. Contoh saja game seperti tebak gambar. Meskipun permainan yang dilakukan sangat sederhana tapi sempat memasuki rangking satu game terbanyak dimainkan.

Menentukan Software

Dari suatu pemikiran yang menghasilkan ide cemerlang perlu direalisasikan kedalam wadah untuk dipublikasikan. Dan disini untuk mewujudkan ide dari game kalian adalah dengan mengektraknya menjadi program visual. Nah disini perlu anda tahu kalau membuat game itu perlu coding dengan berbagai bahan bahasa. Umumnya sih ada JavaScript, Java, Swift, C, C#, dan C++ sebagai bahasa program untuk membuat game.

Tapi sebelum menggunakan berbagai bahasa tersebut, seorang developer akan menentukan program yang akan digunakan. Sama halnya dengan bahasa yang meliputi banyak hal. Program juga demikian, ada banyak software yang akan digunakan untuk membuat satu game. Dan oleh karena itu menentukan program atau software pemrograman menjadi salah hal terpenting untuk dilakukan.

Misal saja saya ambilkan contoh untuk game PUBG. Tentu kita tahu dengan game ini, game yang sangat terkenal dengan permainan seru, ternyata sangat ribet untuk dibuat. Mungkin tidak kaget lagi jika diri kalian adalah seorang programer, sebab itu sebanding dengan gameplay dari permainannya. Tapi bagi masyarakat awam tentu sangat wow sebab di sana terdapat kode berjibun dan tidak dimengerti.

Disini PUBG dibuat dengan 3 bahasa yang diaplikasikan dalam beberapa software pilihan. Dimana PUBG dikembangkan dari IDE Unreal Engine 4. Dan paltform ini merupakan program yang menggunakan bahasa C++. Dan tidak berhenti disitu saja, tentu masih ada penggunaan bahasa lain yang tidak secara gamblang diberitahukan pihak tencent kepada publik. Tapi tentunya itu adalah bahasa yang digunakan untuk memberikan fasilitas game ke pada pemainnya.

Dan tentang menjalankan program tentu tidak bisa sembarangan orang. Hal itu juga seperti apa yang saya katakan, kalau membuat game itu tidak mudah sebab tidak bisa sembarangan orang melakukan kalau tidak paham berbagai bahasa pemrograman. Dan selain tidak mudah, juga perlu waktu yang lama, waktu sebulan saja bisa menjadi waktu paling cepat untuk membuat game sederhana. Dan dibalik itu semua masih ada kesalahan yang menjadikan game tidak berjalan. Tapi kalau itu sudah tuntutan kerja atau kalian ingin mencoba-coba maka tidak ada salahnya dan kesalahan tersebut sudah awam terjadi. Dengan begitu anda jangan ragu untuk menjadi developer loh ya.

Tes Game Sebelum di Rilis

Game berhasil dibuat? Tunggu dulu, masih ada tahap selanjutnya. Masih ada tahap lagi yang perlu dilakukan dan demikian juga untuk developer. Developer game akan menjajal game yang berhasil mereka buat dengan menguji fungsi dan mencari tahu kekurangan dari game mereka. Pengujian game ini tidak cukup sehari atau seminggu, bisa juga berbulan-bulan.

Tidak percaya? Coba lihat game moba bernama MARVEL Super War. NetEase selaku developer menguji game tersebut pada bulan november dan desember baru dilakukan perilisan di platform Playtore dan AppStore. Hal ini tentunya menjadi arti bahwa sebelum rilis perlu diuji coba biar para pemainnya tidak kecewa sebab bug-bug yang mengganggu jalanannya permainan. Dan ketika semua sudah aman 100% maka perilisan game dapat dilakukan.

Exit mobile version