Kenapa Pubg Disebut Game Haram? Apa Penjelasannya?

pubg haram

Santer terdengar berita mengenai game PUBG, di mana kabar menyebutkan game tengah dikaji untuk memutuskan apa tidak. Desas desus pemberitaan ini memang marak diberitakan dan mendapat berbagai tanggapan dari sejumlah pemain.

Banyak yang mengatakan ketidak setujuan game tersebut diharamkan sebab berbagai alasan yang kurang masuk akal. Kalau diketahui memang benar kalau PUBG itu mempunyai bentuk permainan kekerasan dan kebrutalan.

Tapi itu tidak bisa dijadikan penyebab, apalagi hanya PUBG yang paling disuarakan sebagai game haram.

Sebab masih banyak game sejenis yang menampilkan permainan serupa dengan bentuk kekerasan dan kebrutalan.

Terus kenapa hanya PUBG saja yang diseret sebagai game haram, padahal masih ada berbagai game lain seperti Free Fire, fornite, dan call of duty.

Dan fatwa tentang game haram ini tidak bisa dilakukan, apalagi sekarang ini game bukan hanya tentang permainan melainkan juga menjadi mata pencaharian. Jadi tidak bisa dong kalau PUBG di cap sebagai game haram.

Lalu apa yang menjadi kontroversi hingga menjadikan PUBG sebagai game haram? Kenapa PUBG disebut game haram ?.

Nah, untuk mengetahui bagaimana asal muasal adanya kabar ini. Supaya kalian tidak salah arti dan tau alasan kenapa game ini dijadikan bahan gunjingan tentang kata “Haram”. Maka berikut ini informasi faktual nya.

1.      Karena Peristiwa di Selandia Baru

Ada sebab pasti ada akibat, dan alasan utama kenapa PUBG menjadi game yang diharamkan di daerah di Indonesia adalah akibat kekejian yang terjadi di Selandia Baru.

Di katakan kekejian tersebut dilakukan karena terinspirasi dari game ini. Ya tidak salah lagi, aksi teror yang dilakukan seorang pria yang menggemparkan dunia diketahui terinspirasi karena PUBG.

Aksi tersebut sangat biadap dengan menewaskan banyak orang yang tidak bersalah yang sedang melaksanakan ibadah. Dari peristiwa tersebut akhirnya MUI mempertimbangkan pelarangan game ini sebab dapat menjadi inspirasi baru untuk berbagai orang.

2.      Kejahatan Lain Akibat Inspirasi Game PUBG

Sebelum terjadinya peristiwa di atas pernah juga ada seorang pelajar yang melakukan tindakan keji terhadap gurunya. Diketahui dia adalah Seif el-Din, usia 16 tahun, seorang pelajar sekolah menengah di Aleksandria, Mesir.

Kejadian itu merupakan aksi keji berupa pembunuhan yang dilakukan kepada guru private. Dari informasi yang kami dapatkan di media, kalau guru tersebut seorang perempuan. Aksi dilakukan di rumah gurunya sendiri pada hari Jum’at tanggal 23 Novemeber 2018.

Dari keterangan yang diminta, Seif el-Din menyebutkan kalau aksi yang dilakukan meniru karakter-karakter game PUBG.

Akibat dari peristiwa tersebut pemerintah Mesir melakukan kebijakan untuk mengawasi kegiatan anak di dunia maya. Selain itu, Pemerintah sedang melakukan pertimbangan untuk memblokir PUBG di negaranya.

3.      Akibat Mencoba Melakukan Aksi PUBG di Kehidupan Nyata

Selain karena berbagai aksi yang begitu sadis, permainan PUBG juga pernah mendapat sorotan karena ada anak berusia 13 tahun tewas karena mencoba aksi PUBG di kehidupan nyata.

Bagi anda yang pernah bermain atau mengetahui seperti apa bentuk permainan PUBG tentu familiar dengan aksi terjun dari rumah.

Nah dari aksi tersebut, seorang bocah mencoba untuk menirukan untuk melakukannya. Anak tersebut mencoba menirukan dengan melompat dari atas bangun lantai 4. Aksi tragis ini diyakini oleh orang tuanya karena sang anak sangat gemar bermain game ini. Karena peristiwa tersebut sang orang tua menyalahkan game PUBG dan sangat terpukul atas tewasnya buah hati mereka.

Daerah di Indonesia yang sudah mengharamkan

Nah dari berbagai peristiwa di atas terlebih setelah kejadian di Selandia Baru. Aceh menjadi daerah pertama yang mengutuk keras aksi dan memberikan fatwa haram terhadap PUBG.

Bukan sekedar wacana atau gertakan, Aceh langsung memberikan peringatan kepada masyarakatnya untuk tidak lagi bermain game PUBG di tempat mana pun.

Pelarangan sangat tegas di lakukan Aceh dengan melakukan patroli di berbagai tempat nongkrong demi cek kalau tidak ada pengunjung yang memainkan game ini. Selian karena peritiwa diatas, kebijakan yang diambil oleh Aceh untuk melarang game PUBG di mainkan sebab mengkhawartikan untuk anak-anak.

Dimana dengan aksi kekerasan dan kebrutalan pada permainannya, di khawatirkan dapat memicu pemikiran untuk meniru. Dan selain itu perilaku tidak baik dapat memengaruhi kehidupan sehari anak-anak Aceh. Dan dari laman kompas kami mendapatkan keterangan yang mengatakan.

“Hasil rapat, game PUBG hukum bermainnya haram. Alasan utamanya adalah karena permainan ini secara perlahan bisa membangkitkan semangat kebrutalan anak-anak, dan dampaknya bisa melahirkan perilaku yang tidak baik,” ucap Faisal Ali, Rabu (19/6/2019).

Dan selain itu dari wawancara yang dilakukan, Faisal Ali mengatakan kalau masih ada lasan lain dengan dibuatnya fatwa haram game PUBG.

Di mana kalau ada pemain yang melakukan video live terdapat diskredit terhadapat Simbol Agama Islam. Oleh karena itu MPU Aceh membuat upaya pelarangan game PUBG untuk mengehindari berbagai hal hal tersebut.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *